Pleasure

Selusin hal yg jangan dilewatkan di Karimunjawa

1. Berenang bareng HiuΒ 

Kalau sebelumnya udah nonton Jaws atau Deep Blue Sea, pasti rada deg-deg an dan merinding disko saat nurunin tangga masuk kolam hiu disini.

Di area penangkaran hiu Pulau Menjangan Besar kita bisa bebas berenang bareng Hiu-hiu dan liat langsung predator ini mamerin siripnya.
Hiu Hitam dan Hiu putih yg (katanya) lebih garang tinggal di kolam terpisah. Tinggal pilih mau coba nyemplungin diri ke kolam isi geng hiu mana duluan dan rasakan sensasinya!
Well, dare to swim with them ?

Image

2. Makan pisang goreng di Pulau Geleang

Entah bawaan lapar karena aktivitas air atau emang beneran enak. Tapi serius saya belum nemu pisang goreng buatan Ibu Pulau Geleang selama ini (lebay:P).
Daging buah pisangnya putih dan tampak ga da mateng-matengnya, tapi rasanya manis dan enak dilidah meski cuma digoreng seadanya.
Sayang ga sempet difoto karena kalap, pisang disini cuma disediain 1 piring (kira-kira 5 buah) dan klo abis yah baru Ibu Pulau Geleang goreng lagi.Sambil nunggu digoreng bisa maen dulu di pantainya πŸ™‚
FYI Pulau Geleang ini ga berpenghuni, ibu penjual pisang ini tiap hari bolak-balik lewat jalan darat.

3. Menginap di Wisma Apung.
Jangan bayangin dulu rumah yg ngapung dan ngikutin air ditengah laut (haloooo! mbok yah tolong dibedain sama pasar apung gitu πŸ˜€ )
Wisma Apung ini alternatif penginapan yg bisa dipilih selain hotel dan homestay setempat, kalau mau merasakan bedanya tinggal dirumah yg berada di atas air.
Menikmati birunya laut langsung dari jendela kamar atau bisa nyebur kapan aja dari teras kamar itu memang asyik dan berbeda.

Image

4. Mengamati kebiasaan Penduduk
Heyyy bukannya kepo, tapi kan hal-hal unik itu selalu sayang untuk dilewatkan πŸ™‚
Dari sejak sampai di dermaga dan ketemu gapura selamat datang. Coba tengok ke kiri,ke tempat parkiran motor.
Motor-motor yg kuncinya masih gantung itu berjejer dengan damai sentosa, mungkin disini satu-satunya tempat teraman untuk kelupaan nyabut kunci motor yg pernah saya temuin.
Menjelang jam 7 malem coba iseng jalan-jalan kecil ke rumah penduduk sekitar dan kamu akan menemukan mereka menonton film yg sama. Yep! Film yg selama ini mungkin kamu pikir ‘siapa yah yg masih nonton film ini ?’
Percaya deh kamu akan menemukan jawabannya disini.
Mereka semua nonton ftv laga Indosiar, dan akan membahas episode tadi malam di pagi harinya.
Kamu akan jadi orang yg paling ga gaul, klo ga nonton episode kejar-kejaran antara naga dan kelajengking raksasa semalem!
Satu lagi yg unik adalah berita yg ga biasa bisa tersebar dengan cepat. Dan saya mengalami sendiri. Disana adik saya kena serangan bulu babi, pemilik homestay pun meminta saran dari rumah sebelah. Selang beberapa menit adik saya-si korban bulu babi udah dikerubungin warga.
Sampai penyelam pro di kampung itu datang langsung dan memberi tips ampuh ternyata obatnya cukup pipis di area luka bulu babi, and its work! :))
Jadi kesimpulannya serangan Bulu babi itu obatnya ya Urine πŸ˜€

Image

5. Menyelinap ke Hotel Escape
hihihi karena hotel Escape ini lumayan overrated, kalau bisa menyelinap, kamu bisa menemukan pemandangan private beachnya hotel Escape yg keren πŸ™‚


liat sunrise dari situ sambil ngegalau juga asoy lho !

6. Menikmati mewahnya listrik
Di Karimunjawa, kecuali disengat ubur-ubur, ga akan ada cerita korban kesetrum listrik di siang bolong.
Kemewahan yg namanya listrik hanya ada lepas maghrib, tanpa pengecualian, disemahal apapun tempat menginap.
Jadi usahakan ngecas batre hp, kamera, dan semua gadget lainnya di malam hari karena listrik akan mati dengan sendirinya setelah subuh

7. Mencoba hari tanpa Social Media
Untuk sementara lupain dulu lah apa itu namanya BBM, update twitter atau posting tumblr dan FB
Jaringan yg ketangkep disini hanya Tel**ms**
Selain karena point no 6 dimana batre harus diirit-irit sebisa mungkin

8. Antre Makan di warung makan Bu Esther
Berhubung Bu Esther ini satu-watunya warung makan di Karimunjawa, kalau kalah cepet maka kamu cuma bakal dapet lauk cuma kepala ikan
Harganya standar tapi berhubung di Karimunjawa berlaku prinsip Harga berbanding lurus dengan tinggi gelombang. Maka harga lauk akan jadi mahal saat syahbadar tidak memberi izin kapal besar untuk berlayar.
Semua kebutuhan makanan, bensin, dipasok dari Jepara.

9.Island Hopping
Mall hopping? Cafe hopping? wah itu mah so yesterday. Di Karimunjawa, Island Hopping itu “it” activity lho!
Berbekal perahu sewaan,kamu bisa bergosong ria dan tanning di Pulau Gosong, berenang kecil di Geleyang, sekedar menikmati halusnya pasir pantai hingga membuat istana pasir di Ujung Gelam atau barberque-an di salah satu dari sekian pulau yg tidak berpenghuninya .
Sebelum berangkat pastikan arah Timur atau Barat yg akan diambil, perhatikan juga kondisi gelombang laut.

10. Snorkeling
Untuk yg belum bisa diving seperti saya, snorkeling juga asik. Menikmati warna-warni terumbu karang, bintang laut dan ikan berwarna-warni yg membuat kita merasa ada di scene finding nemo bakal bikin ga tega untuk mancing apalagi menggorengnya.
Apalagi ikan-ikan di Pulau Maher yg dengan rela bakal nyamperin kalau kita beri makan biskuit atau roti.


Hindari Bulu babi, ubur-ubur dan ikan pari.

 

11. Berkano sambil menikmati sunset
Malam terakhir di Karimunjawa kamu bisa mengabadikan frame sunsetnya sambil berkano.
Setelah seharian ‘mandi’ matahari,berkano sambil menikmati sunset dan dibuai angin itu jadi aktivitas yg romantis :*

Image
Kano bisa disewa disepanjang dermaga dan jangan ragu buat menawar, klo italia punya venise buat gondolaan, Indonesia juga punya Karimunjawa dong !

12. Bernarsis suka ria-sepuashati-sepenuhjiwa
Yayayayayaya last but not least semua spot ditempat ini memang oke untuk diabadikan. Lebih seru bawa underwater camera dan foto taman bawah lautnya .

Selamat mencoba !

bagi-bagi cerita ya πŸ™‚

Image

Advertisements

6 thoughts on “Selusin hal yg jangan dilewatkan di Karimunjawa

  1. Karimunjawa terbaik sebelum Raja Ampat, kalau ke raja ampat harus mengantongi sertifikat proffesional diver dulu, di Karimunjawa tidak perlu, cukup snorkling dan sepotong roti, ikan-ikan akan berdatangan mengerubuti.

    Resiko terbesar yang mungkin terjadi adalah cuaca buruk dan rencana trip jadi berantakan πŸ˜€

  2. liburan yang mengejutkan! ala memang smart dalam memilih timing liburan, bisa2nya disela2 hari kerja mengajukan cuti, hehehhehe [salut lah pokonamah..] . . . well, karimunjwa adalah salah satu tempat yang recomended memang untuk dikunjungi, semoga saya bisa kesana juga [ngarep? hahahha…] jika nanti ada waktos dan artos, selusin ini bakal saya print out untuk referensi, nais inpo gan (:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s